Toko Buku Online Terlengkap

Tips Berhenti Merokok

Jiboel.Jr
Jumat, 04 Mei 2012 2 komentar
Tips Berhenti Merokok - Bagi para perokok berat, berhenti merokok menjadi hal yang paling sulit dilakukan, tapi bukan hal yang mustahil untuk dilakukan. Banyak perokok yang telah berhasil berhenti merokok melalui berbagai cara. Saat ini banyak Negara Islam sudah menebitkan fatwa haram terhadap perokok aktif. Untuk itu apa salahnya untuk segera punya persiapan untuk melakukan program berhenti merokok. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda hidup tanpa rokok. 


·         Tentukan alasan yang kuat untuk berhenti merokok
Tekadkan diri anda, bahwa merokok mempunyai sisi negative yang harus dihindari. Misal : merokok dapat menyebabkan kanker dan gangguan kehamilan, merokok merupakan candu yang membuat ketergantungan, merokok merupakan pemborosan yang tidak perlu.

·         Hindari pemicu Anda untuk merokok
Beberapa aktivitas tertentu dapat memicu keinginan Anda untuk merokok. Misalnya, kebiasaan minum kopi di pagi hari sambil merokok. Jika Anda terbiasa melakukannya, cobalah mengganti kopi dengan teh selama beberapa minggu. Jika Anda terbiasa merokok setelah makan, cobalah mencari kegiatan lain untuk dilakukan setelah makan, misalnya menyikat gigi atau mengunyah permen karet bebas gula.

·         Mencari solusi setiap ada masalah
Salah satu alasan orang merokok adalah karena nikotin membuat mereka merasa nyaman dan rileks. Ketika Anda berhenti merokok, Anda membutuhkan cara lain untuk mengatasi stress. Tak ada salahnya Anda mencoba ke spa untuk mendapatkan pijit terapi , asal jangan pakai plus-plus, nanti malah lain ceritanya. 

·         Singkirkan asessorries rokok
Buanglah semua asessorries rokok seperti bungkus rokok, asbak, dan korek api Anda. Cuci semua baju I pakaian yang berbau rokok, dan bersihkan karpet, gorden, dan perabotan lain yang dibuat dari kain yang dapat menyerap bau rokok. Gunakan pengharum dan penyegar ruangan untuk membantu Anda menghilangkan bau rokok di rumah Anda, sebab bau rokok akan merangsang Anda untuk kembali merokok.

·         Berolahraga secara teratur
Aktivitas fisik dapat mengurangi ketagihan terhadap rokok dan membantu Anda mengatasi gejala putus nikotin. Ketika Anda merasa ingin merokok, segera alihkan energi Anda untuk berlari, berjalan cepat, bersepeda, atau bersepatu roda. Kalori ekstra yang Anda bakar juga akan membantu mencegah terjadinya kenaikan berat badan yang mungkin terjadi saat Anda berhenti merokok.

·         Lakukan demi kesehatan
Dalam waktu singkat saja, berhenti merokok langsung memberikan manfaat kesehatan bagi Anda. Tekanan darah dan denyut jantung Anda akan turun dalam waktu 20 menit setelah Anda berhenti merokok. Dalam waktu 1 hari, kadar oksigen dan karbon monoksida dalam darah Anda akan kembali normal, dan risiko penyakit jantung berkurang. Manfaat jangka panjang yang bisa Anda rasakan.Vitalitas dan energi juga jauh meningkat.

·         Ciptakan komunitas baru
Bersiaplah untuk mencari komunitas baru dalam pergaulan. Pengaruh orang disekitar anda lebih besar, daripada rasa ketagihan terhadap nikotin rokok itunsendiri. Mencari teman dan sahabat baru dalam komunitas sehat bebas rokok adalah cara terbaik.

·         Coba dan coba lagi
Berhenti merokok memang bukan perjuangan yang mudah. Tak jarang akhirnya mantan perokok akan kambuh lagi. Hampir semua mantan perokok harus mencoba berhenti berkali-kali sebelum akhirnya bisa lepas total dari rokok selamanya. Cara terbaik untuk berhenti adalah stop total segera bukan secara bertahap, namun anda harus menemukan momentum yang pas saat memulai program. dan bila gagal jangan pernah menyerah untuk mencoba lagi dan lagi.

Buat para blogger pemula juga harus hati-hati, ketika Anda duduk berlama-lama di depan PC/Laptop, ini akan rawan dengan keinginan yang cukup tinggi terhad`p kopi plus rokok. Kondisi para blogger yang kebanyakan online di malam hari tentunya akan berusaha agar tidak ngantuk. Dalam hal ini, kebanyakan orang selalu mengkonsumsi kopi, dan tentunya sebatang rokok. Tapi ini terserah Anda, TipsBerhenti Merokok ini hanya berlaku bagi orang yang punya niat/kemauan yang besar.

Rating:4.5 Terima kasih telah membaca artikel Tips Berhenti Merokok.Silahkan baca artikel Blogger Pemula tentang yang lainya!
Share on :
Bookmark and Share
Posted by: Jiboel.Jr
Blogger Pemula, Updated at: 01.21
Ada 2 komentar pada artikel Tips Berhenti Merokok
Unknown mengatakan...

sudah saya pasang sob.. maaf lama. :D

Jiboel.Jr mengatakan...

ok gan....thanks..

Posting Komentar

 

My Partner

Link Exchange

Copy kode di bawah,letakkan di homepage blog kamu,saya akan segera linkback.